Tutorial Hackertest.net: Level 2

Selamat untuk kesuksesan Anda di level 1, sekarang saya akan mengulas level 2. Menurut saya level 2 justru jauh lebih gampang dari level 1, dan saya yakin Anda juga akan berpendapat begitu. Karena itu, ulasan saya untuk level ini jauh lebih pendek daripada untuk level pertama. Teknik yang dibutuhkan disini lagi-lagi adalah kemampuan untuk membaca javascript, tapi kali ini penggarap situs menggunakan teks untuk membingungkan cracker.

Sekarang Anda telah dengan sukses melalui level 1, tiba-tiba Anda dikejutkan dengan boks yang menginginkan Anda menulis passwordnya, padahal laman level 2 belum muncul dan Anda belum tahu password selanjutnya, seperti di bawah ini.

Karena Anda belum mengetahui password, klik Cancel dan Anda akan dibawa ke halaman Level 2. Disinilah Anda akan melihat bahwa di halaman ini tidak ada apa-apa. Di bawah ini screenshot halaman level 2.


Ada teks 'Refresh now...' di tengah halaman. Dengan alamiah, orang-orang akan mengklik tombol refresh di browser mereka masing-masing, namun disinilah mereka termakan tipuan. Ketika mengklik refresh, yang akan muncul hanyalah boks please enter password yang sama persis dengan yang di awal, namun lagi-lagi Anda belum mengetahui passwordnya. Oleh karena itu jika Anda sudah terlanjur refresh, klik cancel lagi dan kembali ke laman level 2. Yang perlu Anda lakukan adalah membaca javascriptnya dengan membuka sourcenya.

Javascript yang perlu Anda cari yang berhubungan dengan password. Fungsinya dapat dengan mudah ditemukan dengan Ctrl + F (atau Command + F pada Macbook) dan ketik password. Fungsi yang penting adalah yang ada dalam screenshot di bawah ini.


Nah, apakah Anda sudah tahu jawabannya? If (pass=="l3l") di samping ini sudah berisi password untuk level selanjutnya.

Jadi, jawabannya..
Ya, password untuk kelulusan Anda dari level 2 adalah l3l! Sekarang barulah Anda dapat mengikuti saran di laman 2 yaitu 'Refresh now'. Kali ini, kalau kotak Please enter password.. keluar lagi, Anda sudah tahu jawabannya.

0 komentar:

Post a Comment

Tulis komentar, saran dan pertanyaan Anda disini.. :)